Senin, 06 Mei 2013

Seputar Benda Langit



 AYE AYE balik lagi sama saya pada post kee.... 5 yakkk.............!! hari iini aku mau bahas soal ini ... supaya bisa nambah pengalaman bagi yg baca 


Fungsi benda langit (dalam al-qur'an)
Benda Langit
Sebagai seorang muslim, temtunya kita mempunyai pedoman hidup. Pedoman itu tidak lain adalah Al-Qur'an. Didalam Al-Qur'an banyak terdapat ilmu dan berbagai macam pengetahuan lainnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah Q.S. 20: 113
Artinya: "Dan demikianlah Kami menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka."

Adapun ayat ayat mengenai fungsi benda langit dalam al-qur'an adalah sebagai berikut:

1. Al- Qur'an sebagai penerang dalam kegelapan
Sepeti yang kita ketahui, pada malam hari saat matahari mulai terbenam bintanglah yang menjadi penerang kita ditengah gelapnya malam. hal ini terdapat dalam Q. S. Al-An'am (6): 97
Artinya: "Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut.". . .

2. Bintang sebagai petunjuk Arah
Rasi Bintang
kita tentunya mengenal rasi bintang. beberapa rasi bintang tersebut dapat menunjukkan arah langit. sebagai contoh, langit selatan ditunjukkan oleh rasi bintang pari/crux. Kemudian, orion sebagai penunjuk arah barat, rasi bintang Biduk/Great Bear/Beruang besar yang menunjukkan arah utara, serta rasi bintang scorpio sebagai penunjuk arah timur.
Q. S. An nahl (16) : 16
Artinya: "dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk."

3. Bintang sebagai pelempar setan
Hal ini dijelaskan oleh allah dalam Q. S. Al-Mulk (67): 5
Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala."

4. Bintang sebagai penghias langit
Diterangkan dalam Q. S. Al- Hijr (15): 16
Artinya: " Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya)"


oke segitu dulu ya,,,,,,,,,,,,,,,,,, 
-SEKIAN-

1 komentar: