Senin, 06 Mei 2013

Seputar Tentang Kemenyan

Okee... post yg keempat ini saya akan post tentang kemenyan,, eeeeeh jgn bergidik ngeri dolooo... gini2 ada manfaatnya lh bagi kita? mau tau? ayo langsung geser kebawah!!
Kemenyan (Styra sp.)

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Ebenales
Famili: Styracaceae
Genus: Styrax
Spesies: Styrax benzoin Dryand

Deskripsi

Merupakan tanaman semak pohon yang selalu hijau dengan ketinggian 8-34 m,, bonggolnya berakar papan yang kecil, mengeluarkan suatu senyawa balsam yang beraroma kuat. Diameter batangnya sekitar 10-100 m, dengan ranting keabu-abuan. Kulit batang permukannya datar, sedangkan bagian dalamnya halus, berwarna coklat hingga merah pekat, merah jambu atau merah ungu, dengan cairan kayu berwarna putih. Daunnya sederhana, tersusun spiral, tanpa penumpu, dengan tangkai daun beralur-alur. Daun bulat telur atau lonjong, atau lanset, dengan pinggirannya rata, pucuknya melancip, dengan tulang daun sekunder 7-13 pasang, di bagian bawah terdapat sisik. Daun berukuran 8-13 cm x 2-5 cm. Perbungaan muncul dari pucuk atau ketiak daun, dengan tangkai bunga sepanjang 20 cm, tetapi biasanya lebih kecil dari ukuran daunnya. Bunga berwarna putih, wangi. Bunga teratur, biseksual, berbilangan 4-7. Daun kelopak berbentuk seperti cangkir, bebas, terpisah dari bakal buah. Daun kelopak persisten saat pembentukan buah. Korola mahkota berukuran 1-2 mm dengan 4-7 cuping yang dalam, agak gemuk. Ukuran cupingnya 9-12 mm x 2-3,5 mm. Benangsari berjumlah dua kali dari jumlah daun mahkota, dalam suatu ulir, dengan pada bagian pangkalnya menyatu antara satu dengan lainnya pada tabung korola. Kepala putik berbonggol atau memiliki cuping 3. Buah bulat atau bertipe buah batu yang berbentuk bulat, perikarp 3-5 mm tebalnya. Ukuran buah 2-3 cm x 2 cm. Biji-biji terletak pada bagian pangkal.

Ekologi

Tanaman ini umumnya banyak terdapat secara alami di hutan dengan tanah yang agak liat pada ketinggian 100-1600 m dpl. Pohon kemenyan memerlukan tanah yang berdainase baik, dan curah hujan sekitar 1500-2000 mm, pada suhu sekitar 15-26 °C.

Kegunaan

Benzoin balsem di peroleh dengan memotong kambium batang tanaman. Benzoin yang dihasilkan dari tanaman ini dapat digunakan untuk keperluan medis, terutama untuk mengatasi iritasi pada kulit. Industri farmasi, sangat memerlukan tanaman ini.

Sumber:www.wikipedia.org


gimana? udah gk ngeri kan,,? tenaangg belum juga aku post jalanya kemenyan... pada gidik ngeri termasuk yg ngepost -_=)9

semoga beramanfaaat buat ANDA SEMUA YG BACA OKE AYE AYE!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar